PEFC apresiasi Indonesia utamakan perdagangan produk hutan lestari

PEFC apresiasi Indonesia utamakan perdagangan produk hutan lestari

Jakarta (ANTARA) - CEO Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) Michael Berger mengapresiasi Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perdagangan, yang mengutamakan perdagangan produk-produk dari hutan lestari

"Langkah Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) tersebut telah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaku usaha Indonesia dalam menjalankan usahanya sesuai dengan kaidah kelestarian hutan," kata Berger dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Berger menjelaskan PEFC merupakan skema global bersifat bottom up yang dibangun dari inisiatif nasional masing-masing negara. Menurut Berger, di Indonesia, skema tersebut dibangun oleh para anggota IFCC (the Indonesian Forestry Certification Cooperation).

"PEFC adalah salah satu pelopor perdagangan tekstil dan fesyen lestari di dunia, di mana bahan bakunya adalah rayon yang diproduksi dari hutan lestari," jelasnya.

PEFC merupakan organisasi nirlaba sertifikasi kehutanan terbesar di dunia yang merupakan aliansi global dari sistem sertifikasi hutan nasional di berbagai negara. PEFC didirikan untuk mengedepankan pengelolaan hutan lestari melalui sertifikasi pihak ketiga yang independen.

Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya barang produksi Indonesia yang diproses dari bahan baku lestari.

"Dalam dua dekade terakhir ini banyak sekali perusahaan raksasa dunia yang hanya mau membeli produk olahan yang berasal dari hutan lestari," kata Zulkifli.

Produk-produk tersebut ialah kertas, bubur kertas, produk kayu, furniture, dan sebagainya.

"Sebagai contoh, perusahaan seperti Apple dan Samsung mengharuskan kotak dan kertas packaging HP-nya bersertifikat lestari," katanya.

Dengan semakin besarnya perdagangan daring, tambahnya, kebutuhan kotak dan kertas kemasan di dunia semakin meningkat hingga mencapai lebih dari 402 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp6.200 triliun pada 2021.

Menurut mantan menteri kehutanan itu, Indonesia dengan sistem pengelolaan hutan lestari sangat berpeluang mengambil pasar yang besar tersebut, sehingga ekspor Indonesia bisa meningkat pesat.

"Saya sejak dulu sangat mendorong pengelolaan hutan lestari," ujar Zulkifli Hasan.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/3188029/pefc-apresiasi-indonesia-utamakan-perdagangan-produk-hutan-lestari