Pemasok APP Peroleh Sertifikat PEFC/IFCC

Rabu, 10 Juni 2015 Penulis: MI

ANTARA/M AGUNG RAJASA

Juni 25

PT Asia Pulp & Paper (APP) kini memperkaya sertifikat produk-produknya dengan Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) untuk konsumen pasar global. Hal itu mengikuti penghargaan Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) terhadap lebih dari 300 ribu hektare perkebunan pemasok APP.

"Konsumen makin menuntut produk yang berkelanjutan dan besertifikat. Produk APP mencakup semua skema sertifikasi yang kredibel, dan merupakan anggota dan pendukung PEFC," ujar Managing Director Sustainability APP Aida Greenbury dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, kemarin.

Ia mengatakan, tahun ini merupakan kali ketiga pelaksanaan komitmen APP dalam zero deforestation. "Sertifikasi ini meyakinkan konsumen bahwa produk APP berkualitas tinggi, tesertifikasi, dan mendukung upaya pelestarian hutan yang berkelanjutan.

"Saat ini, 306.400 hektare perkebunan besertifikat PEFC/IFCC dioperasikan oleh dua pemasok APP di Provinsi Riau, yaitu PT Arara Abadi dan PT Satria Perkasa Agung. Adapun lebih dari 1 juta hektare areal perkebunan APP sedang di tahap akhir sertifikasi PEFC/IFCC dan rencananya tesertifikasi dalam waktu dekat.

Dengan sertifikasi itu, APP mendapat tambahan sumber suplai bubur kayu besertifikat di dalam negeri. Semula, seluruh materi besertifikasi PEFC yang dipakai APP berasal dari impor.

Sekjen PEFC Internasional Ben Gunneberg bangga karena telah menerbitkan sertifikat pertama atas standar pengelolaan hutan untuk produsen Indonesia. Menurutnya, itu sinyal komitmen berkelanjutan Indonesia dalam pengelolaan hutan untuk konsumen di seluruh dunia.

Ketua IFCC Drajad H Wibowo menambahkan, IFCC menargetkan ada 1 juta area hutan disertifikasi setiap tahun. "Ambisi kami merangsang perekonomian Indonesia dan membantu pengusaha kecil sembari melindungi salah satu sumber daya yang paling berharga, hutan alam kita, akan secara signifikan didukung sertifikat PEFC yang dianggap sebagai jaminan di seluruh dunia," tutur Drajad. (Arv/RO/E-2)

Source: http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/12209/Pemasok-APP-Peroleh-Sertifi-kat-PEFCIFCC/2015/06/10