April Grup Kantongi Sertifikat PEFC Pertama di Indonesia

BERITA PILIHAN | Uploader ARYO KURNIAWAN

JAKARTA, indopos.co.id –April Grup, produsen bubur kayu dan kertas dilaporkan berhasil memperoleh sertifikat pengelolaan hutan berkelanjutan PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification). April menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mengantongi sertifkat ini.

 

Sebagaimana dipublikasikan Lembaga penyedia informasi produk kayu, RISI mengutip laman resmi PEFC, April Grup adalah yang pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat tersebut pada Desember 2014.

 

 

PEFC merupakan sebuah skema sertifikasi hutan terbesar di dunia yang mana lebih dari 264 juta hektar  hutan dan 15.804 perusahaan telah disertifikasi PEFC.

 

Di Indonesia, PEFC meng-endorse skema sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan dan lacak balak IFCC (Indonesian Forestry Certification Cooperation).

 

 

Hanya saja, tidak disebutkan berapa luas konsesi April Grup yang mendapat sertifikat PEFC.

 

RISI mengungkapkan, pengakuan pengelolaan hutan lestari April Grup oleh PEFC dilansir tak lama setelah kelompok usaha tersebut baru saja mengumumkan penguatan kebijakan pengelolaan hutan lestari (Sustainable Forest Management Policy), yang melibatkan sejumlah LSM termasuk WWF dan Greenpeace sebagai pemantau.

 

 

Kebijakan itu pun diapresiasi pemerintah sebagaimana diungkapkan Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari IB Putera Parthama yang menilai, komitmen kelompok April untuk menghilangkan kegiatan deforestasi dari rantai pasoknya melalui kebijakan pengelolaan hutan merupakan sisi cemerlang dari sistem pengelolaan hutan di Indonesia.

 

 

Putera menuturkan, kebijakan kelompok April itu tersebut sejalan dengan target pemerintah untuk mewujudkan pengelolaan hutan lestari. “Terpenting lagi semuanya dilakukan dengan bekerja sama secara mutualistik dan bersinergi,” katanya.(lum)

 

 

Source: http://www.indopos.co.id/2015/06/april-grup-kantongi-sertifikat-pefc-pertama-di-indonesia.html