Asia Pulp & Paper Tingkatkan Produk Bersertifikasi PEFC

Dian Ihsan Siregar- 08 Juni 2015 17:19 WIB

ik5

Metrotvnews.com, Jakarta:Group Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) akan segera menawarkan lebih banyak jenis produk kertas bersertifikat Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) di pasar global. Hal ini dikarenakan telah dicapainya penghargaan dari sertifikasi Indonesian Forestry Certification Cooperation.

Managing Director Sustainability APP Aida Greenbury mengatakan, sejumlah 306.400 ha konsesi yang telah tersertifikasi IFCC-PEFC ini dioperasikan oleh dua pemasok APP di Propinsi Riau, Indonesia yaitu PT Arara Abadi dan PT Satria Perkasa Agung-Serapung.

Selain itu, lanjutnya, seluas lebih dari 1 juta ha area konsesi sedang menjalani tahap akhir sertifikasi IFCC-PEFC, dengan target perampungan proses sertifikasi dalam waktu dekat. Ini berarti APP semakin mendekati pencapaian target Roadmap Keberlanjutan Visi 2020.

Dalam roadmap tersebut, Aida menguraikan, target APP adalah untuk 100 persen dari pemasok kayunya mendapatkan sertifikasi pengelolaan hutan lestari pada 2020. Pencapaian sertifikasi yang diumumkan hari ini dan proses yang sedang berjalan merupakan percepatan dari target tersebut secara signifikan.

"Semakin banyak konsumen yang menuntut produk yang berkelanjutan dan bersertifikat. APP merangkul semua skema sertifikasi yang kredibel, dan merupakan anggota dan pendukung dari PEFC," ungkapnya, dalam, keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (8/6/2015).

Menurut Aida, tahun ini adalah tahun ketiga pelaksanaan komitmen 'tanpa deforestasi' persusahaan. Perusahaan bangga menjadi pelopor komitmen ini di Indonesia. Dengan adanya sertifikasi IFCC-PEFC dan komitmen tanpa deforestasi tersebut, pembeli dari APP dapat yakin bahwa produk PEFC yang dibeli dari APP tidak hanya merupakan produk berkualitas tinggi, namun juga merupakan produk yang disertifikasi, dapat dilacak dan mendukung pengelolaan hutan lestari di Indonesia.

IFCC secara resmi disahkan oleh PEFC pada Oktober 2014. Dengan demikian, lanjut dia, kayu bersertifikat IFCC-PEFC dari pemasok kayu APP merupakan sumber material PEFC baru dari pasar lokal. Sebelumnya semua bahan bersertifikat PEFC yang digunakan oleh APP adalah hasil impor.
ABD

Source: http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/06/08/134238/asia-pulp-paper-tingkatkan-produk-bersertifikasi-pefc