APP dan APRIL Raih Sertifikasi Internasional PEFC

Senin, 08 Juni 2015 | 11:43

ik1

Asia Pulp & Paper (APP) menerima sertifikasi Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC) - Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) di Jakarta (8/6). APP yang juga selaku pelopor komitmen "tanpa deforestasi" di sektor pulp & kertas di Indonesia meyakini dengan sertifikasi IFCC-PEFC yang didapatkan, selain konsumen mendapatkan produk berkualitas tinggi, juga turut mendukung pengelolaan hutan lestari di Indonesia. (Istimewa)

Jakarta - Dua perusahaan pulp dan kertas terbesar di Indonesia yaitu APRIL Group dan Asia Pulp and Paper (APP) Group mendapatkan sertifikat Programme For Endorsement of Forest Certification (PEFC) dari Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC).

IFCC Chairman Drajad Wibowo mengatakan saat ini permintaan konsumen internasional sangat selektif. Sebagian dari konsumen meminta bahan baku produk yang mereka beli harus berasal dari sumber yang memperhatikan kelestarian sumber daya alam, lingkungan dan sosial.

"Salah satu jenis produk yang menjadi perhatian utama adalah kertas, karena kertas berasal dari produk hutan," kata dalam acara "Penyerahan Sertifikat PEFC/IFCC" di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin (8/6).

PEFC merupakan sistem sertifikasi terbesar di dunia yang bersifat independen dan berkantor pusat di Jenewa, Swiss. Sertifikat PEFC diakui dan diterima para stakeholder di sektor kehutanan dan industri di dunia, sertikat ini hanya diberikan kepada perusahaan yang bisa mengelola hutan secara berkelanjutan. Di Indonesia sendiri, badan yang mengembangkan dan mengatur PEFC adalah IFCC.

Drajad mengatakan kebanyakan negara Eropa dan Amerika Serikat (AS) sangat ketat dalam membeli produk kertas, produk yang dibeli harus mendapatkan sertifikat internasional, sertifikat yang diakui adalah PEFC.

Sertifikat pengelolaan hutan berkelanjutan dari PEFC dan IFCC ini berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang. "Dengan diterbitkannya sertifikat PEFC untuk APRIL Group dan APP group bisa meningkatkan penjualan perusahaan," ujar dia.

Managing Director Sustainability APP, Aida Greenbury mengatakan, sebanyak 306.400 ha konsesi yang telah tersertifikasi IFCC-PEFC ini dioperasikan dua pemasok APP di Riau, yakni PT Arara Abadi dan PT Satria Perkasa Agung - Serapung. Selain itu, seluas 1 juta ha area konsesi sedang menjalani tahap akhir sertifikasi yang ditargetkan rampung dalam waktu dekat.

Dia mengatakan, jika sertifikasi terealisasi seluruhnya, maka target Roadmap Keberlanjutan Visi 2020 APP akan terwujud. Dalam roadmap tersebut, 100 persen pemasok kayu perusahaan mendapatkan sertifikasi pengelolaan hutan lestari pada tahun 2020.

"Tahun ini adalah tahun ketiga pelaksanaan komitmen 'tanpa deforestasi' dari APP, kami bangga menjadi pelopor komitmen ini di Indonesia. Dengan sertifikasi IFCC-PEFC dan komitmen tanpa deforestasi tersebut, pembeli APP yakin bahwa produk PEFC yang dibeli dari APP tidak hanya merupakan produk berkualitas, namun juga produk yang disertifikasi, dapat dilacak dan mendukung pengelolaan hutan lestari di Indonesia," lanjut Aida.

Managing Director APRIL Group Indonesia Tony Wenas mengatakan dari 1 juta hektar lahan atau hutan yang dimiliki APRIL Group, 45 persen sudah mendapatkan sertifikat PEFC atau sekitar 300.000 hektar.

Menurut dia, sertifikat PEFC adalah standar ketat yang diakui dunia, PEFC juga menyumbang dua per tiga hutan dunia bersetifikasi. Dampak positif yang akan diperoleh perusahaan adalah meningkatkan jumlah konsumen internasional dan memudahkan ruang gerak perusahaan untuk mengembangkan ekspor karena sertifikat internasional PEFC sudah diraih.

Asia Pulp & Paper (APP) adalah nama dagang untuk kelompok perusahaan manufaktur pulp dan kertas di Indonesia dan Tiogkok. APP bertanggung jawab untuk menyediakan produk berkualitas untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat akan tisu, packaging, dan kertas. Setiap hari, produk kami berada di tangan para konsumer dalam berbagai bentuk dan merek di seluruh dunia.

Ridho Syukro/WBP

Investor Daily

Source: http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/280620-app-dan-april-raih-sertifikasi-internasional-pefc.html